Home

Assalamualaikum. Powered by Blogger.

Thursday, February 28, 2013

Backpacker Jogja Part 1

Pengalaman yg pertama kalinya backpackeran ke Jogja. Sebenarnya udah dari zaman kuliah pengen maen ke jogja tp baru sekarang bisa maen ke Jogja. Gue berangkat ke jogja Cuma berdua, dan itu jg temen gue berangkatnya dari Bali dan gue berangkat dari Bandung. Itulah yg selalu bikin gue cemas dan gak tenang, soalnya berangkatnya sendiri ke Jogja dan ini untuk pertama kalinya gue backpackeran jauh.

Seminggu sebelum keberangkatan gue langsung hunting tiket ke stasiun terdekat buat tiket PP sekalian. Sepulang dari kerja gue langsung pergi ke stasiun, dan ternyata tiket Bandung-Lempuyangan (Jogja) yg ekonomi buat keberangkatan tanggal 24 Januari 2012 udah sold out, tiket bisnis sama eksekutif juga udah abis semua. Begitupun sebaliknya tiket buat baliknya tanggal 27 udah abis juga. Soalnya lagi long weekend jadi tiketnya udah abis dari H-7. Masa iya sih backpackeran pertama gue dibatalin, akhirnya beli tiket yang ke Kutoarjo dulu pake kereta ekonomi Kutojaya Selatan, harga tiketnya Rp 19.500.  Kereta kutojaya selatan berangkat dari stasiun Kiaracondong jam 21.30 WIB. Tiket pulangnya pake ekonomi-AC harga Rp 130.000 pake kereta Kahuripan.

Kamis malem gue udah nongkrong di stasiun kiaracondong buat nunggu kereta. Kayaknya semua orang yg nunggu disitu kebanyakan tujuannya ke lempuyangan deh, jarang yg tujuannya kutoarjo. Gue mulai cemas, gimana nih gak ada teman yg satu tujuan. Sambil nunggu kereta gue cap dulu tiket ke petugas pemeriksaan, soalnya kalo tiket kita gak dicap dulu sama petugas pemeriksaan bisa repot ntarnya. Jam 21.30 akhirnya kereta yg gue tumpangin meluncur, dan gue udah duduk manis di tempat duduk sesuai tiket yg gue beli. Sebelum masuk kereta gue berdoa semoga temen duduk gue bukan bapak2 atau kakek2 dan berharap semoga duduknya dipinggir kaca. Ehh ehh ternyata pas gue nyari posisi tempat duduk, ternyata yg duduk disamping gue bapak2 (baca Kakek2 tua -____-). Yasudahlah yah terima nasib, udah takdirnya kaya begini mungkin,,, rada lebay dikit,,, hhehehehe ….         Sepanjang perjalanan si bapak2 itu ngajakin ngobrol mulu, nanya2  mulai dari mau kemana, kuliah dimana, kerja dimana,dll. Dan yg bikin gue takut dia ngeramal gue coba, megang-megang tangan kiri gue,,iuhhh serem jadinya.Akhirnya jam 05.15 WIB sampe juga di stasiun Kutoarjo.... Alhamdulilah sampe dengan selamat...sujud syukur ku pada-Mu kupanjatkan.....*Berdoa dulu dipojokan stasiun....hhahahahIni dia Wujud stasiun kutoarjo senja pagi....cekidottt
Senja pagi at stasiun Kutoarjo
Penampakan Kereta Kutojaya Selatan
 Perjalanan belum selesai, dari kutoarjo disambung lagi kereta Prambanan Ekspres (Prameks) ke Jogja dengan harga tiket Rp 10.000, keretanya berangkat jam 08.15 WIB. Selama 3 jam nungguin kereta datang, hal yang pertama gue lakuin yaitu nyari chargeran di sekitar stasiun. Akhirnya nemu juga tuh chargeran meski adanya di pojok, gue duduk di pojok sambil update twitter kayak orang ilang. Orang2 yang lewat pada liatin semua. Hhhahaha (yaudahh sihh yg penting HP gak mati dah,,,,Soalnya free charger ada di dalam stasiun, kalo ke dalam stasiun harus punya tiket dulu sedangkan loket pembelian tiket baru buka jam 07.00 pagi. Sambil nungguin loket tiket buka sama chargeran full, gue sarapan dulu buat ngeganjel perut selama perjalanan menuju jogja.
Akhirnya kereta Prameks datang tepat pada waktunya pukul 08.15 WIB. Sumpah yah yang ngantri naik kereta prameks ini banyak banget, gue ajah sampe desak-desakkan sama penumpang yg lainnya buat dapet tempat duduk. Kirain Jakarta doang yg keretanya desak2an, ternyata disini juga sama. Setelah perjalanan kurang lebih satu jam, akhirnya sampe juga di Stasiun Tugu, Jogja jam 09.35. Ini pertama kalinya gue menginjakkan kaki di stasiun tugu, yeyeeeee yeyeeee lalalalala yeyeyeyeyeye lalalalalala------> #anak dahsyat banget yah -________-....
Yang blom tau wujud stasiun tugu nih gue kasih wujudnya kaya gimana,,,,#nyombong dikit hhahaha
 Di stasiun tugu kereta yg berhenti disini hanya kereta bisnis dan eksekutif, kereta ekonomi biasanya berhenti di Stasiun Lempuyangan. Jadi kalo kalian pake kereta ekonomi dari arah Bandung atau Jakarta pasti gak berhenti di Stasiun tugu.
Di stasiun gue tugu istirahat dulu sambil nungguin temen yg berangkatnya dari bali, panggil ajah mamah dedeh *ehh NITA maksudnya..hhahaa. Dan hal pertama yg gue cari pasti free charger,,,,tetep, soalnya HP gue cepet lowbatnya. Ntar gak bisa update ke dumay dong,,,*ehh hhahaha.
Ingat Itu HP orang yah, bukan punya gue -_- # HP gue jelek
Hampir satu jam setengah gue nungguin si Bonit sampe jamuran, dan kata dia katanya pesawatnya delay. Fiuhhh pppfffftttt cape deh. Bayangin ajah udah satu jam setengah nungguin di stasiun sendirian udah kaya anak ilang dan dia masih belum flight dari bali…kalo dibolehin sama satpam yg jaga disana rasanya gue pengen nangis kejer2 dipojokan stasiun tp g sambil koprol yah.. hhahaha
Dan setelah sekian lama nungguin dia, akhirnya dapat kabar gembira kalo dia udah naik pesawat dan bentar lagi pesawatnya flight cuss Jogja. Alhamdulilah yah sesuatu cetar membahan akhirnya dia berangkat juga. #itu syahrini yg nulis bkn gue :p *Ngeles hhhahaha.  karena udah bosen nunggu di stasiun, gue langsung cabut keluar stasiun dan jalan-jalan di Malioboro yang jaraknya gak jauh dari stasiun. Setelah muter-muter malioboro, pasar bringharjo, akhirnya kita ketemu juga.
Kita langsung naik becak menuju penginapan yang sudah dibooking seminggu sebelum berangkat, soalnya kita ke Jogja pas long weekend biasanya hotel-hotel udah pada penuh semua jadi ngebooking dari awal. Karena kita korban mbah google jadinya hotel yg kita booking jauh banget  sekitar 3 km dari malioboro kalo gak salah. Setelah tawar menawar harga becak kita langsung capcus menuju hotel yang berada di daerah prawirotaman atau sering disebut juga kampung turis, karena disana kebanyakan turis2 asing. Kita bayar becak 12 ribu berdua, awalnya si abang becak nawarin 20 ribu berdua tapi karena kita nawarnya pake bahasa jawa jadi di murahin. Jadi kalo mau naik becak dgn harga murah diusahakan harus bisa bahasa jawa sedikit2.
Akhirnya kita sampai juga di Hotel, langsung check in dah.....sumpah badan gue rasanya cape banget setelah perjalanan yg sangat panjang dan melelahkan. Sebelum melakukan penjelajahan di Jogja, gue tidur dulu sejam buat meRestart badan,,,#Komputer kali di restart :D
Ceritanya dicukupkan dulu yah, nanti disambung lagi.....udah keriting nih tangan gue -_____-