Home

Assalamualaikum. Powered by Blogger.

Sunday, March 10, 2013

BACKPACKER JOGJA PART 2

Heloo haii haiii I’m back pemirsahhh …..
Lanjut lagi nih cerita kemarin yg sempat kepotong….pasti udah gak sabar yah nungguin ceritanya,,,,ihiwww iyakan,,,iya dong,,,pastinya iya lah,,,hahahaha #cerita oyyy cerita bukan ngalay gitu *ngomong ke diri sendiri
Setelah istirahat sebentar, mandi, makan, sholat, dan tidur sebentar meski Cuma sejam doang tp cukuplah buat ngembaliin stamina,,,,,ceilehh kaya yg abis ngapain ajeh yah,,,hehehe
Sekitar jam 2 sore kita capcus dr penginapan buat mulai menjelajah kota jogja. Setelah hasil rapat redaksi akhirnya kita mutusin buat maen ke Alkid (alun-alun kidul). Nah yg bikin bingung kita berdua kan sama2 baru pertama kalinya maen ke jogja, kita gak tau jalan menuju alkid tuh pake apaan. Kita nanya sama recepsionist hotel jalan atau angkutan menuju alkid dari sini naik apaan, trus si mbak2nya nyaranin kita buat naik becak aja atau sewa motor. Berhubung tema kita maen di jogjanya backpackeran bukan liburan, akhirnya saran dr si mbaknya itu kita tolak, kita akhirnya jalan kaki menuju alkid. ngapain jg nanya2 coba
Kata si mbak recepsionist bilang deket kalo jalan juga paling Cuma 5 menitan jg sampe.  tinggal lurus aja ntar kalo ada pertigaan belok kanan nah sampe deh alkid #Dan semua itu bohong pemirsahhh,,,,ternyata kenyatannya alkid jauh banget dari hotel gue -_- (mewek dah)
Setelah hampir sejam menelusuri jalan, ehh entuh pertigaan belom nongol2 juga -__- . untungnya disekitar jalan banyak toko-toko batik dan aksesoris khas jogja. Mampir2 dulu dong kita karena penasaran pengen liat meski gak niat beli,, hhehehhe
Sambil narsis2 dikitlah….
Salah-satu toko2 batik yg berjejeran di pinggir jalan
eng ing eng narsis dulu,,,,
Temen gue nih markinot  :D
 Gak kerasa kita berjalan udah satu jam dan belum sampe ke alkid juga -__-…perut udah mulai keroncongan karena kita gak sempet makan dulu. Karena udah cape muter2 akhirnya kita mutusin buat makan dulu. Akhirnya kita pun nyangkut di tempat empek-empek buat ngeganjel perut. #Nah lohh kan odong banget kita berdua…bayangin ajah kita jauh2 ke jogja masa makannya empek2….hellooooo ini jogja kali jogja heyyy bukan Palembang -_- (Tampar satu2 pake sandal jepit).
Setelah makan kita capcus lagi buat ngelanjutin perjalanan menuju alkid yg keberadannya masih entah berantah. Kita buru2 capcus lagi karena takut keburu ujan, padahal kaki masih pegel masih pengen duduk2. Sekitar 15 menit perjalanan akhirnya yg gue takutkan terjadi sebelum kita sampe alkid. Jogja tiba berubah jadi mendung dan akhirnya hujan pun turun ke bumi dengan perlahan,,,#alahh lebaynya xixixixixi.
Jogja Mendung
Kita udah hopeless duluan, mending balik lagi ke hotel atau melanjutkan perjalanan. Kalo balik lagi ke hotel kita harus muter balik ke jalan yg kita lewati tadi dan itu jauh banget, kalo dilanjutkan kita gak tau seberapa jauh lagi buat sampe ke alkid. Akhirnya kita mutusin buat ngelanjutin perjalanan menuju alkid sambil basah kuyup keujanan, karena kita gak ada yg bawa payung.

Setelah nanya2 sana sini,,,udah kaya ayu ting ting yg nyari alamat mulu, akhirnya sampe juga di alkid.
Horeeee akhirnya sampe juga di alkid.

Gerbang Penyambutan hhehe

arah ke taman sari
Beringin Kembar
  Di alkid (alun-alun kidul) ada dua buah beringin kembar, menurut mitos jika berhasil melewati celah beringin tersebut katanya semua keinginan akan terkabul dan orang yang dapat melewati celah beringin tersebut adalah seseorang yang mempunyai hati bersih dan tulus. Banyak orang yang mencoba, tetapi katanya tidak ada yang berhasil kecuali anak prabu siliwangi yang akhirnya menjadi suami sang putri.

Penasaran dengan kabar mitos tersebut, gue pun mencoba melewati kedua celah beringin besar itu.

Nyewa penutup mata

Markinot beraksi

Dan yeayyyy sekali nyoba akhirnya gue pun berhasil melewati kedua celah beringin tersebut, temen gue juga berhasil. Ini membuktikan bahwa kita berdua mempunyai hati yang bersih dan tulus. #muji diri sendiri bolehkan daripada gak ada yg muji,,,hhehehe. Permainan ini biasa disebut “Masangin” oleh masyarakat sekitar. Gue sering liat permainan ini di tipi2, dan kebanyakan orang sering gagal melakukan permainan ini, ada yang berjalan belok menjauhi beringin, berputar arah, bahkan ada yang menabrak beton yang memagari beringin. Bagi teman-teman yang belum pernah mencobanya, silahkan datang dan buktikan sendiri.
Setelah puas dengan permainan masangin, foto2 di kereta (ikut foto2 doang sih gak nyobain naik, mahal soalnya sewa keretanya -_-), kita menepi dulu buat neduh soalnya hujannya lumayan deras. Setelah hujannya reda kita langsung capcus menuju malioboro yang terkenal itu loh. Awalnya kita mau jalan ke malioboro biar ngirit, ehh ternyata setelah nanya2 sama tukang becak yg nawarin jasa becak dari tadi, malioboro lumayan jauh dari alkid. Meski jauh kita mutusin buat jalan kaki aja menuju malioboro mana hujan lagi -_- . Setelah setengah perjalanan akhirnya kita nyerah juga, kita naik becak ke malioboro (kenapa gak dari tadi coba padahal naik becaknya, omgkosnya becaknya juga sama,,,ahhh bodohnya kita). Naik becak ke malioboro 15rb soalnya lumayan jauh jaraknya. Berhubung kasian sama si abang becaknya yg sudah berbaik hati mengantarkan kita dengan selamat sampe tujuan (ngalebay lagi), kita bayar becaknya jadi 20rb. Karena menurut gue emang lumayan jauh sih dan muter2, mungkin gara2 kita gak tau jalan jadi berasa jauh kali yah.
Niatnya kita ke malioboro mau nyari penginapan lagi, soalnya yang ditempatin sekarang jauh banget hotelnya dari malioboro, bisa-bisa duit gue abis dipake bayar becak semua. Setelah sampe di malioboro kita langsung nyari makan, soalnya dari pagi kita belum makan nasi. Karena jogja terkenal dengan angkringannya yang murah, kita nyobain buat makan di angkringan, selain pengen nyobain angkringan kita bisa menghemat juga…hhehehe. Makan angkringan+susu hangat harganya 7rb. Abis makan kita jalan2 bentar muter-muter malioboro, karena ujan akhirnya nyari penginapan baru dibatalkan. Kita langsung balik ke hotel buat istirahat, karena udah cape banget seharian muter-muter. Kita naik becak lagi menuju hotel dengan ongkos becaknya 15rb setelah ditawar, karena kita kasian lagi sama si abang becaknya kita ngasih 20rb. (ngapain coba cape2 nawar). Duit gue abis dipake buat ongkos becak nih hari pertama di jogja. Setelah dapat info dari kaskus, akhirnya gue dapat penginapan yang tidak jauh dari malioboro dan harganya jauh lebih murah dibandingkan penginapan yg pertama. Gue dapet penginapan 100rb/mlm di daerah sosrowijayan, kalo hotel yg pertama booking harganya 140rb/mlm di daerah prawirotaman mana tempatnya jauh banget dari malioboro. Buat dijadiin pengalaman ajah sih, jangan sampe jadi korban google kaya kita -_-.

Hari Kedua

Hari kedua tujuan kita ke Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Sebelum berangkat ke Borobudur kita check out dulu peninapan, terus naik becak lagi menuju sosrowijayan buat check in di hotel (sampe bosen gue naik becak nih). Bosen ngeluarin duit buat bayar becak maksudnya -________-. Setelah check-in kita langsung berangkat menuju candi Borobudur, kita sengaja berangkat pagi biar sampe di borobudurnya gak terlalu siang. Soalnya di Borobudur panas banget kalo siang. Jam 07.00 pagi kita udah nangkring di halte malioboro 3 nungguin trans jogja yang menuju terminal jombor. Tiket trans jogja hanya Rp 3500 jauh dekat. Setelah sampe di terminal jombor langsung naik bis lagi yg ke Borobudur ongkosnya Rp 20.000. lama perjalanan dari Jogja ke Borobudur kurang lebih sekitar 1,5 jam sampe 2 jam.
Setelah sampe di terminal borobudur banyak tukang becak dan  delman yang nawarin. Menurut gue mendingan jalan, gak terlalu jauh koq candi borobudur dari terminal. Pas kita lagi jalan menuju candi borobudur, ehh ada bapak2 sama anaknya yg ngajakin patungan buat naik delman bareng mereka. Ongkos delman Rp 15000/delman. Dan untungnya kita, ongkos delmannya ditraktir sama si bapak itu, baiknya si bapak,,,,(pak baik banget sih, udah punya istri belum pak?),,,,#SalahFokus

Tanpa menunda nunda kita langsung meluncur beli tiket masuk, harga tiketnya Rp 30.000/orang. Gue beli tiketnya bareng si Bapak itu (berharap dibayarin juga) #Ngarep dikit bolehkan,,hhehehe,
*yg dibelakang itu anaknya si bapak yg bayarin delman gratis loh,,,#lumayan cakep yah, tp sayang brondong -_-
Pake samping dulu sebelum masuk candi borobudur

Beautiful Borobudur

no sitting oyyyy,,,,hhahahaha

Setelah puas liat2 candi borobudur, foto-foto sepuasnya kita langsung pergi ke museum Kapal Samudraraksa. Di museum tersebut banyak peninggalan barang-barang antik dari kapal yang karam zaman dulu. Sekitar jam 1 siang kita balik lagi ke malioboro. Di malioboro temen gue janjian ketemu sama temen kerjanya di Bali yang asalnya dari jogja. Setelah bertemu dan berbincang-bincang melepas kangen,,,(ecieee ciee kangen) hhahaha... dengan sangat baik hatinya dia meminjamkan motornya. Karena dia ada urusan sebentar katanya jadi kita dipinjemin motornya. Soalnya gue pengen banget maen ke keraton sama taman sari, kalo naik becak lagi ntar duit gue abis lagi pake ongkos becak.
Tujuan kita langsung menuju ke keraton, ternyata setelah sampe di depan keraton kita udah gak bisa masuk -_- . Keraton tutupnya jam 17.00 WIB, lah kita sampe keraton jam 16.30 WIB kan tanggung banget cuma setengah jam di dalam. Jadi kita gak masuk keraton, cuma bisa liat dari luarnya aja. Karena keraton udah gak bisa masuk, kita langsung pergi ke taman sari yang tempatnya gak terlalu jauh dari keraton.
Sesampenya di taman sari gue bingung dong, sebenernya ini tempat apaan gitu. Terlihat dari bangunannya yang udah tua dan sedikit tidak terawat.

Lorong Menuju Tempat Pemandian Putri

Disini katanya tempat pemandian putri

Karena udah sore kita balik ke penginapan sambil ngembaliin motor ke temennya Markinot yang baik hati itu. Sampe di penginapan kita langsung mandi, sholat, tiduran bentar sambil nungguin sholat isya. Abis isya kita langsung siap-siap buat pergi ke Malioboro *kita berdua kaya gak kenal lelah, udah seharian jalan-jalan, malemnya pun masih menjelajah (kita emang gak ada matinya kalo urusan jalan-jalan) hhahha.
Malioboro di malam hari memang tak terlupakan deh, suasananya brohh mantep deh. Orang-orang hilir mudik mulai dari turis asing sampe turis lokal kaya gue nih berseliweran dimana-mana. Biasanya penjual2 yg menjajakkan oleh2 mulai dari baju2 jogja, aksesoris, dll tutupnya itu jam 9 malem. Setelah jam 9 malem biasanya kawasan malioboro makin ramai pengunjung, soalnya pedagang makanan lesehan-lesehan gitu mulai buka. . Setelah nyari makan sama beli pesenan oleh-oleh dari temen-temen, kita langsung balik lagi ke penginapan sebelum jam 9 malem. Badan udah cape banget seharian jalan-jalan. #(Tidur nyenyak sampe pagi)

HARI KETIGA

Hari ketiganya kita pergi ke Candi Prambanan. Sebelum berangkat kita sarapan nasi goreng dulu yang udah di sediain gratis dari tempat kita menginap. Enaknya menginap disini kita paginya dapet sarapan. Karena malemnya kita harus pulang lagi ke bandung, jadi kita berangkat ke prambanannya pagi2 banget. Karena check out hotelnya terakhir jam 12, jadi kita pagi-pagi sebelum berangkat ke prambanan sekalian check out. Tapi untungnya yg punya penginapan orang ciamis (sama2 orang sunda ceritanya) jadi kita di izinin buat nitip tas disitu sama boleh numpang mandi pas sorenya sebelum balik ke bandung.
Sekitar jam 07.00 WIB kita langsung meluncur ke Candi Prambanan. Dari malioboro tinggal naik trans jogja sekali yang jurusan prambanan. Kurang lebih satu jam perjalanan dari malioboro ke prambanan. Setelaah turun dari trans jogja biasanya banyak yg nawarin jasa becak atau ojek buat menuju prambanan. Tapi menurut gue mah mending jalan aja, lumayan deket koq dari terminal ke candi prambanan.
Sampe juga nih di prambanan........
Pintu masuk khusus bule
Pintu masuk Turis lokal kaya gue,,,hhaha

Sugeng Rawuh
at Candi Prambanan

Sebelum meninggalkan candi prambanan, kita mampir dulu ke museum yang ada di sekitar candi prambanan. Di museum itu terdapat benda-benda bersejarah tentang asal muasal candi prambanan. Karena gue penasaran banget sama sejarah candi prambanan, gue liat pemutaran film sejarah candi prambanan hanya dengan bayar 5rb rupiah.
Jam 1 kita balik ke penginapan buat ngambil tas sama ikut mandi. Setelah mandi kita langsung capcus dari penginapan sambil pamitan sama si ibunya. Untungnya di deket hotel ada mushola jadi kita bisa sholat ashar dulu disitu. Setelah sholat ashar kita langsung berangkat ke stasiun lempuyangan, soalnya takut ketinggalan kereta. (padahal jadwal kereta kita jam 20.30). Kita jalan kaki menuju stasiun, padahal banyak banget yang nawarin becak. Soalnya kita kan backpacker sejati, masa sih naik becak :p (padahal ngirit sih ceritanya). Jam 16.00 WIB kita udah sampe di stasiun lempuyangan, padahal jadwal kereta kita jam 20.30 coba... (tapi gpp deh daripada ketinggalan kereta hayohh). Banyak kejadian lucu selama perjalanan menuju stasiun lempuyangan. Padahal daripada cape-cape jalan, kenapa gak nebeng kereta z dari stasiun tugu ke stasiun lempuyangan. Bisa koq kaya gitu, tapi kita gak kepikiran -__- . yasudahlah jadi pengalaman jalan dari maliobor ke stasiun lempuyangan.
Setelah nunggu kereta hampir hampir 4,5 jam, ternyata kata petugas kereta api nya kereta akan mengalami keterlambatan selama 1 jam. Di stasiun lempuyangan banyak banget para backpacker yang abis backpackingan di jogja. Seru kayanya liat mereka, soalnya mereka backpackingannya banyakan gitu, sedangkan gue cuma berdua doang. Pas lagi nunggu kereta ketemu sama temen kuliah dulu, dia abis mendaki gunung gitu. #keren . Akhirnya kereta Kahuripan tujuan bandung datang juga jam 21.30 WIB. Kereta pun melaju menuju bandung.
Selama di kereta gue gak bisa tidur, padahal seharian udah cape banget tapi anehnya gue g bisa tidur. Daripada bengong mending iseng motoin orang yg lagi tidur di kereta. Ini dia nih muka orang yg terlelap di kereta,,,,cekkkidottttttttt
Bapak2 yg duduk di sebelah
mas2 yg duduk dibelakang gue

Si mbak2 depan gue nih...pules bgt dia tidurnya

Setelah iseng motoin orang yg lagi pules tidur, gue jalan2 ke gerbong kereta yg lain, trus ke inget film 5 cm, sok soan pengen niruin kaya bang zafran (herjunot ali) tp sumpah gue kaga berani, takut jatuh gue,,hiks hiks hiks. Lagian pas malem jadi pemandangan diluar g keliatan jg kalo niruin adegan bang zafran,,,hhehehe

Pemandangan mulai terlihat keren pas memasuki waktu subuh, kita bisa lihat sunrise. Sumpah keren banget sunrisenya.

Sunrise di daerah garut
sunrise
Setelah perjalanan selama kurang lebih 12 jam, akhirnya sampe juga di bandung jam 07.30 WIB. Alhamdulilah perjalanan yang sangat menyenamgkan.