Home

Assalamualaikum. Powered by Blogger.

Thursday, May 5, 2016

Bermalam di KAHURIPAN

Buat para pelancong dan backpacker dari bandung pasti udah tidak asing lagi dengan kereta bernama “KAHURIPAN”, pasalnya kereta ini merupakan kereta ekonomi yang harganya sangat pas untuk para backpacker yang selalu mengandalkan moda transportasi low budget. Kereta kahuripan ini tujuan Kiaracondong – Kediri dan sebaliknya Kediri – Kiaracondong. Karena kereta kelas ekonomi berangkat dan berhenti di stasiun kiaracondong, sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif di stasiun Bandung atau sering disebut St. Hall.
kereta kahuripan

Kereta ini menurut saya sudah cukup nyaman untuk ukuran kelas ekonomi, karena semenjak era Dirut KAI Bapak Ignasius Jonan telah dilakukan perbaikan total mulai dari pelayanan, fasilitas, sudah tidak ada yang jualan dikereta dan dsb dsb nya. Ini untuk kedua kalinya saya naik kereta kahuripan, yang pertama pada tahun 2013 saat saya melancong ke jogja saya menggunakan kereta kahuripan untuk tujuan Jogja – Bandung. Waktu itu berangkatnya saya menggunakan kereta kutojaya selatan dan turun di kutoarjo terus lanjut naik Prameks tujuan solo-jogja. Karena berangkatnya pada musim liburan saya gak kebagian kahuripan, soalnya kalo musim liburan kahuripan ini paling laris manis.

Perjalanan kedua menggunakan kahuripan akhir bulan maret kemarin saya berangkat melancong ke Blitar tapi via Kediri biar bisa naik kahuripan yang murah meriah dan tidak menguras isi dompet. Hohohohohoho
            Kereta kahuripan berangkat dari stasiun kiaracondong jam 20.00 dan sampai di stasiun Kediri jam 09.43. Dan untuk perjalanan sebaliknya berangkat dari stasiun Kediri jam 13.40 dan sampe stasiun kiaracondong jam 03.32.
            Ini kali pertama perjalanan saya ke jawa timur dengan diantar oleh si kahuripan ini. Dan jujur ini untuk pertama kalinya juga saya menginjakkan jawa timur. Oh Tuhan 25 tahun baru menginjakkan kaki di jawa timur, kemane ajehh kemaren2,,,,,(sedih sekali rasanya). Bagi saya ini perjalanan terpanjang dengan menggunakan kereta, maklumlah saya kan orang jawa barat yang tidak pernah melakukan tradisi mudik tiap tahunnya dengan menggunakan kereta, jadi wajar kalo jarang menggunakan kereta jauh-jauh.
Malam itu jam 18.30 saya sudah tiba di stasiun kiaracondong, langsung cetak tiket atau boarding pass untuk keberangkatan karena di bandung sudah memberlakukan boarding pass jadi tiket untuk pulangnya gak bisa sekalian dicetak karena boarding pass ini tiket bisa dicetak 1-2 jam sebelum keberangkatan.
boarding pass

Setelah shalat maghrib dan isya saya langsung masuk kereta dan mencari tempat duduk. Ada kejadian lucu dan memalukan pas saya nyari tempat duduk, saya dengan PEDEnya nempatin tempat duduk oranglain,,,hahaha memalukan sekali. Waktu itu saya tidak focus pada no gerbong, hanya focus pada no tempat duduk. Dan eng ing eng udah hampir setengah jam saya duduk dan ngobrol2 basa basi sama ibu2 yang duduk disamping dan depan saya dan mereka semua kayanya orang jowo semua yang mau liburan ke kampong halamannya dan tas ransel pun sudah diamankan diatas ditempat penyimpanan tiba-tiba ada ibu-ibu datang.
Ibu2    : “maaf mbak itu tempat duduk saya”
Saya    : “hahh,??,,,ini tempat duduk saya koq bu (sambil nyebutin no tempat duduknya)
Ibu2    : “ini tempat duduk saya mbak, ini buktinya” (si ibu sambil ngeluarin tiketnya)
Saya    : “saya juga sama bu no 4E (sambil ngotot dan ngeluarin tiket)
Ibu yg disamping    : ”lah iya bu ini koq sama yah no nya 4E juga (sambil melototin tiket saya)
Dan untuk beberapa menit kita semua kaya orang yang gak focus dan kurang konsentrasi. *adaAQua (harusnya ini disensor iklan colongan nih namanya)
Untungnya si ibu yang depan saya liat tiket saya, dan dia bilang saya salah gerbong. OMG disitu saya malu banget udah ngotot sama ibu2 karena saya pikir itu beneran tempat duduk saya. Ternyata tempat duduk saya ada di depan di gerbong 1 sedangkan kursi yang saya tempatin gerbong 4. Akhirnya dengan muka malu-malu singa ehh kucing maksudnya saya pindah deh ke gerbong satu sambil gendong lagi tas ransel saya dan minta maaf sama si ibu itu…hihihihihiii (maaf yoo bu)
Setelah sampe di gerbong satu langsung saja nyari tempat duduk sesuai tiket dan dengan teliti di cek ulang takut terjadi lagi kejadian kaya tadi yang sangat memalukan. Hehehe
Ternyata di gerbong satu kebanyakan penumpangnya anak muda semua yang mau backpackeran. Kalo dibandingkan sama gerbong 4 tadi lebih nyamanan gerbong 1 suasananya lebih kondusif dan kebanyakan orang bandung semua. *sotoy hihi. Bukan sotoy sih, tapi bisa dilihat dari cara mereka ngobrol sama temen2nya yang pada menggunakan bahasa sunda, meskipun pake bahasa Indonesia juga ketauan dari logatnya kalo orang sunda ngomong. Dan untungnya juga penumpang yang duduk didepan saya orang bandung semua dan cewe semua. Kebayangkan kalo kebagian duduknya sama cowo agak2 gimana gitu. Tapikan namanya dikereta mana bisa milih pengen duduk sama siapa. Kalo cowonya abang2 ganteng sih gak masalah yah, coba kalo udah bapak2 trus tidurnya nyender2 ke bahu kita kan malesin kalo kaya gitu.  Karena saya berangkatnya solo alias sendirian, jadi agak ngerasa ngerasa seneng orang yang duduk didepan saya orang bandung jadi kaya ada temennya selama perjalanan , terus mereka sama lagi turunnya di stasiun Kediri, cuman beda tujuan akhirnya saja, mereka mau ke malang dan saya mau ke blitar. Karena kalo naik kereta bandung-malang alias si kereta malabar itu ongkosnya lumayan agak mahal dikit.
kondisi di dalam kereta
Dan untungnya lagi kursi yang disamping saya kosong dan saya sengaja milih kursi yang 2-2 biar gak terlalu sumpek dan desek2an. Pokoknya enak dan nyaman sekali naik kahuripan kali ini, kaki bisa selonjoran karena samping saya kosong, kaki bebas dinaikin keatas kursi karena duduknya gak sempit. Udah gitu bisa selonjoran kedepan juga, soalnya si teteh yang depan saya minta selonjoran ke tempat duduk saya, yaudah saya juga ikut selonjoran kaki ke tempat duduknya dia.
Selama perjalanan saya kebanyakan tidur karena perjalanannya malem jadi enak buat tidur. Sekali-kali ngobrol temen (temen baru ketemu dikereta), ngobrolin tentang malang, terus nanyain juga mereka di malang mau kemana aja. Agak sedikit kepo sih tapi gapapa kepo dikit biar kalo nanti liburan ke malang udah sedikit tahu tempat-tempat yang wajib dikunjungi. Dan saya juga sedikit ngasih informasi tempat-tempat bagus di malang dan harus naik kendaraan apa aja. Agak sedikit sotoy sih kan saya juga belum pernah ke malang, tapi karena bermodalkan si mbah gugel karena sering browsing tentang malem jadi sedikit tahu.
Karena kahuripan kereta ekonomi jadi banyak berhentinya di sebagian stasiun, karena ekonomi class tuh rendah hati sangat membiarkan kereta yang lebih berduit buat melaju duluan. Selama perjalanan dari jogja sampai Kediri saya selalu memperhatikan setiap stasiun yang dilewati karena kalo sudah melewati jogja sudah mulai subuh dan kita bisa menikmati pemandangan diluar. Dan setelah berjam-jam di kereta akhirnya sampe juga di stasiun Kediri dengan tepat waktu sesuai jadwal jam 09.43.
and i'm here KEDIRI
Dan menurut saya kereta kahuripan cukup nyaman dan buat kalian yang takut naik kereta ekonomi, jangan takut karena meskipun ekonomi tapi fasilitasnya udah lumayan bagus, kursinya juga udah lumayan empuk dikit gak keras kaya kursi bis kopaja. sedikit tips dari saya kalo naik kereta perjalanan malam diusahakan pake jaket yang tebal dan ada penutup kepalanya trus jangan lupa pake kaos kaki juga karena dikereta dingin banget ACnya tidak bisa atur sekemauan kita meski dingit banget juga.
Sekian cerita pengalaman saya naik kereta kahuripan, sampai jumpa ditulisan saya selanjutnya yah. Terimakasih