Buat para
pelancong dan backpacker dari bandung pasti udah tidak asing lagi dengan kereta
bernama “KAHURIPAN”, pasalnya kereta
ini merupakan kereta ekonomi yang harganya sangat pas untuk para backpacker
yang selalu mengandalkan moda transportasi low budget. Kereta kahuripan ini tujuan
Kiaracondong – Kediri dan sebaliknya Kediri – Kiaracondong. Karena kereta kelas
ekonomi berangkat dan berhenti di stasiun kiaracondong, sedangkan untuk kelas
bisnis dan eksekutif di stasiun Bandung atau sering disebut St. Hall.
kereta kahuripan |
Kereta
ini menurut saya sudah cukup nyaman untuk ukuran kelas ekonomi, karena semenjak
era Dirut KAI Bapak Ignasius Jonan telah dilakukan perbaikan total mulai dari
pelayanan, fasilitas, sudah tidak ada yang jualan dikereta dan dsb dsb nya. Ini
untuk kedua kalinya saya naik kereta kahuripan, yang pertama pada tahun 2013
saat saya melancong ke jogja saya menggunakan kereta kahuripan untuk tujuan
Jogja – Bandung. Waktu itu berangkatnya saya menggunakan kereta kutojaya
selatan dan turun di kutoarjo terus lanjut naik Prameks tujuan solo-jogja. Karena
berangkatnya pada musim liburan saya gak kebagian kahuripan, soalnya kalo musim
liburan kahuripan ini paling laris manis.
Perjalanan
kedua menggunakan kahuripan akhir bulan maret kemarin saya berangkat melancong
ke Blitar tapi via Kediri biar bisa naik kahuripan yang murah meriah dan tidak
menguras isi dompet. Hohohohohoho
Kereta
kahuripan berangkat dari stasiun kiaracondong jam 20.00 dan sampai di stasiun Kediri
jam 09.43. Dan untuk perjalanan sebaliknya berangkat dari stasiun Kediri jam
13.40 dan sampe stasiun kiaracondong jam 03.32.
Ini kali
pertama perjalanan saya ke jawa timur dengan diantar oleh si kahuripan ini. Dan
jujur ini untuk pertama kalinya juga saya menginjakkan jawa timur. Oh Tuhan 25
tahun baru menginjakkan kaki di jawa timur, kemane ajehh kemaren2,,,,,(sedih
sekali rasanya). Bagi saya ini perjalanan terpanjang dengan menggunakan kereta,
maklumlah saya kan orang jawa barat yang tidak pernah melakukan tradisi mudik
tiap tahunnya dengan menggunakan kereta, jadi wajar kalo jarang menggunakan
kereta jauh-jauh.
Malam itu jam 18.30 saya sudah tiba di
stasiun kiaracondong, langsung cetak tiket atau boarding pass untuk
keberangkatan karena di bandung sudah memberlakukan boarding pass jadi tiket
untuk pulangnya gak bisa sekalian dicetak karena boarding pass ini tiket bisa
dicetak 1-2 jam sebelum keberangkatan.
boarding pass |
Setelah shalat maghrib dan isya saya
langsung masuk kereta dan mencari tempat duduk. Ada kejadian lucu dan memalukan
pas saya nyari tempat duduk, saya dengan PEDEnya nempatin tempat duduk
oranglain,,,hahaha memalukan sekali. Waktu itu saya tidak focus pada no
gerbong, hanya focus pada no tempat duduk. Dan eng ing eng udah hampir setengah
jam saya duduk dan ngobrol2 basa basi sama ibu2 yang duduk disamping dan depan
saya dan mereka semua kayanya orang jowo semua yang mau liburan ke kampong halamannya
dan tas ransel pun sudah diamankan diatas ditempat penyimpanan tiba-tiba ada
ibu-ibu datang.
Ibu2 :
“maaf mbak itu tempat duduk saya”
Saya : “hahh,??,,,ini tempat duduk saya koq bu
(sambil nyebutin no tempat duduknya)
Ibu2 : “ini tempat duduk saya mbak, ini buktinya”
(si ibu sambil ngeluarin tiketnya)
Saya :
“saya juga sama bu no 4E (sambil ngotot dan ngeluarin tiket)
Ibu yg disamping : ”lah iya bu ini koq sama yah no nya 4E
juga (sambil melototin tiket saya)
Dan untuk beberapa menit kita semua kaya
orang yang gak focus dan kurang konsentrasi. *adaAQua (harusnya ini disensor
iklan colongan nih namanya)
Untungnya si ibu yang depan saya liat tiket
saya, dan dia bilang saya salah gerbong. OMG disitu saya malu banget udah
ngotot sama ibu2 karena saya pikir itu beneran tempat duduk saya. Ternyata tempat
duduk saya ada di depan di gerbong 1 sedangkan kursi yang saya tempatin gerbong
4. Akhirnya dengan muka malu-malu singa ehh kucing maksudnya saya pindah deh ke
gerbong satu sambil gendong lagi tas ransel saya dan minta maaf sama si ibu itu…hihihihihiii
(maaf yoo bu)
Setelah sampe di gerbong satu langsung saja
nyari tempat duduk sesuai tiket dan dengan teliti di cek ulang takut terjadi
lagi kejadian kaya tadi yang sangat memalukan. Hehehe
Ternyata di gerbong satu kebanyakan
penumpangnya anak muda semua yang mau backpackeran. Kalo dibandingkan sama gerbong
4 tadi lebih nyamanan gerbong 1 suasananya lebih kondusif dan kebanyakan orang
bandung semua. *sotoy hihi. Bukan sotoy sih, tapi bisa dilihat dari cara mereka
ngobrol sama temen2nya yang pada menggunakan bahasa sunda, meskipun pake bahasa
Indonesia juga ketauan dari logatnya kalo orang sunda ngomong. Dan untungnya
juga penumpang yang duduk didepan saya orang bandung semua dan cewe semua. Kebayangkan
kalo kebagian duduknya sama cowo agak2 gimana gitu. Tapikan namanya dikereta
mana bisa milih pengen duduk sama siapa. Kalo cowonya abang2 ganteng sih gak
masalah yah, coba kalo udah bapak2 trus tidurnya nyender2 ke bahu kita kan
malesin kalo kaya gitu. Karena saya berangkatnya
solo alias sendirian, jadi agak ngerasa ngerasa seneng orang yang duduk didepan
saya orang bandung jadi kaya ada temennya selama perjalanan , terus mereka sama
lagi turunnya di stasiun Kediri, cuman beda tujuan akhirnya saja, mereka mau ke
malang dan saya mau ke blitar. Karena kalo naik kereta bandung-malang alias si kereta
malabar itu ongkosnya lumayan agak mahal dikit.
kondisi di dalam kereta |
Dan untungnya lagi kursi yang disamping
saya kosong dan saya sengaja milih kursi yang 2-2 biar gak terlalu sumpek dan
desek2an. Pokoknya enak dan nyaman sekali naik kahuripan kali ini, kaki bisa
selonjoran karena samping saya kosong, kaki bebas dinaikin keatas kursi karena
duduknya gak sempit. Udah gitu bisa selonjoran kedepan juga, soalnya si teteh
yang depan saya minta selonjoran ke tempat duduk saya, yaudah saya juga ikut
selonjoran kaki ke tempat duduknya dia.
Selama perjalanan saya kebanyakan tidur
karena perjalanannya malem jadi enak buat tidur. Sekali-kali ngobrol temen
(temen baru ketemu dikereta), ngobrolin tentang malang, terus nanyain juga
mereka di malang mau kemana aja. Agak sedikit kepo sih tapi gapapa kepo dikit
biar kalo nanti liburan ke malang udah sedikit tahu tempat-tempat yang wajib
dikunjungi. Dan saya juga sedikit ngasih informasi tempat-tempat bagus di
malang dan harus naik kendaraan apa aja. Agak sedikit sotoy sih kan saya juga
belum pernah ke malang, tapi karena bermodalkan si mbah gugel karena sering
browsing tentang malem jadi sedikit tahu.
Karena kahuripan kereta ekonomi jadi banyak
berhentinya di sebagian stasiun, karena ekonomi class tuh rendah hati sangat
membiarkan kereta yang lebih berduit buat melaju duluan. Selama perjalanan dari
jogja sampai Kediri saya selalu memperhatikan setiap stasiun yang dilewati
karena kalo sudah melewati jogja sudah mulai subuh dan kita bisa menikmati pemandangan
diluar. Dan setelah berjam-jam di kereta akhirnya sampe juga di stasiun Kediri dengan
tepat waktu sesuai jadwal jam 09.43.
and i'm here KEDIRI |
Dan menurut saya kereta kahuripan cukup
nyaman dan buat kalian yang takut naik kereta ekonomi, jangan takut karena
meskipun ekonomi tapi fasilitasnya udah lumayan bagus, kursinya juga udah
lumayan empuk dikit gak keras kaya kursi bis kopaja. sedikit tips dari saya kalo naik kereta perjalanan malam diusahakan pake jaket yang tebal dan ada penutup kepalanya trus jangan lupa pake kaos kaki juga karena dikereta dingin banget ACnya tidak bisa atur sekemauan kita meski dingit banget juga.
Sekian cerita pengalaman saya naik kereta
kahuripan, sampai jumpa ditulisan saya selanjutnya yah. Terimakasih
Ka mau tanya, kalau kita bawa koper itu kopernya ditaro dimana ya?
ReplyDeleteBeda harganya jauh lo teh. Kahuripan Bandung-Kediri 84 ribu. Malabar ekonomi ada yg 250 ribu (3x lipat). Kahuripan memang kereta PSO (public service obligation) yang disubsidi pemerintah
ReplyDeleteNomor duduk 4e searah dg laju kereta/tidak teh?
ReplyDelete