Home

Assalamualaikum. Powered by Blogger.

Saturday, December 28, 2013

Think Again Before You Action

Masalah itu buat diselesaikan bukan untuk di hindari
Yups benar masalah itu buat diselesaikan bukan untuk dihindari. Sebagai manusia tentunya kita takan pernah lepas dari yang namanya masalah. Karena masalah merupakan sebuah pembelajaran yang diberikan Tuhan untuk manusia agar menjadi insan yang lebih baik dari hari ke hari. Setiap orang hidup pasti punya masalah.
Masalah akan selalu ada dalam hidup kita, tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Pasti semua orang juga pernah mengalamin punya masalah dalam hidupnya, entah itu masalah yang sangat besar ataupun masalah sepele doang. Seperti pegawai yang punya masalah dengan atasannya atau rekan kerjanya, atau anak sekolahan yang berantem sama temennya atau dihukum sama gurunya gara-gara tidak mengerjakan tugas rumahnya, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.
Ini membuktikan bahwa masalah akan selalu ada, dan keberadaannya tidak bisa dicegah apalagi dirubah. Dalam hal ini yang bisa dirubah adalah respon atau cara kita dalam menghadapi masalah tersebut.

Ceritanya kemarin temen kantor gue curhat kalo dia dimarahin sama si Bos gara-gara dia gak nyerahin laporan database. Dia gak masuk kerja karena sakit jadi gak ngasihin laporannya, padahal laporannya itu deadline dan mau direkap hari itu juga. Mungkin karena emang dasarnya Bosnya itu orangnya pengen perfect banget dan segala sesuatunya pengen cepet diberesin hari itu juga. Jadi dia cerita katanya bosnya itu marah-marah via sms dan sms nya itu bikin sakit hati. Malahan dia sempet berpikiran buat pindah kerja, bahkan dia sampe nekad pengen keluar kerja segala. Mungkin karena lagi emosi jadi dia gak berpikir panjang dulu. Untungnya keadaan masih stabil, so dia gak jadi buat keluar dari kerjaannya.
Bagus sih tipe pemimpin kaya gitu, tapi harus ada toleransi juga sama bawahannya, masa orang sakit disuruh masuk kerja buat nyerahin laporan databasenya doang. Kalau dipikir secara logika dan akal pikiran yang sehat tanpa disertai emosi sebenarnya gak perlu juga dia marah-marahin bawahannya, minta aja tuh si datanya dikirimin via email. Gampangkan gak perlu repot marah-marah dikantor. Kalau kaya gitukan malah bisa nyakitin hati orang lain tambah lagi dapat membuat keharmonisan antara atasan dan anak buah bisa terganggu.
Jadi keinget flashback dari cerita gue yang hampir persis kejadiannya seperti temen gue itu, cumin beda permasalahannya doang. Dua minggu yang lalu gue juga sempet berpikiran buat keluar kerja karena ada masalah dikantor sama atasan. Permasalahannya gara-gara gue ngelanjutin kuliah lagi. (Loh koq ngelanjutin kuliah lagi malah dimarahin sih,??,,Bagus doang kalau kuliah lagi, buat nambah ilmu). Nah masalahnya gue itu ngambil kuliahnya double. “Double gimane maksudnya,??,,” Yupz, maksudnya double tuh gue kuliahnya ngambil kelas regular dan kelas karyawan. Emang dari awalnya sih gue juga gak niat buat ngambil kelas regular, karena gue kan udah kerja juga kan gak mungkin kalau kuliah kelas regular nanti kerjaan gue terbengkalai dong. Tapi karena gue kuliahnya alih program atau ekstensi dari D3 ke S1, jadi gue kuliahnya buat ngelengkapin sisa kredit yang belum gue selesaikan. Masalahnya di kelas karyawan banyak yang mata kuliah yang belum gue ambil tuh adanya di semester genap semua. Nah yang ada tuh Cuma dua matkul doang di kelas karyawan. Masa iya sih gue harus kuliah Cuma 2 matkul doang dalam satu semester sedangkan bayar semesterannya sama. Udah gitu gue kuliah pengen cepet-cepet beres karena gue kejar target, terus temen2 seangkatan udah pada wisuda juga dan tahun ini tuh harusnya gue tuh wisuda sarjana.
Atasan gue gak setuju kalo gue kuliah di regular, karena bisa ganggu waktu kerja katanya. Awalnya gue gak bilang kalo gue lanjutin kuliah lagi di kelas regular, cumin ada salah satu temen gue yang tau kalo gue lanjutin kuliah lagi dikelas regular. Setelah kuliah berjalan kurang lebih 3 mingguan, atasan gue tau kalo gue lanjutin kuliah di regular. Mungkin temen gue keceplosan bilang ke bos kalo gue kuliah lagi atau emang sengaja di aduin. Ahh gue sih gak mau suudzon juga nanti malah dosa. Atau mungkin atasan gue tau kalo akhir-akhir ini gue sering masuk kantor rada siang. Yah gue juga ngaku sih kalo tindakan gue ini salah.
Singkat cerita gue dipanggil sama atasan, dia mau mengkonfirmasi bener atau gak kalo gue tuh kuliah lagi. Nah yang bikin gue gak enaknya dia tuh negur gue di depan orang banyak, di depan temen-temen yang lainnya. Harusnyakan menurut estetika kalo mau negur bawahan tuh jangan di depan orang banyak, panggil kek ke ruangannya dia terus omongin baik-baik permasalahannya dan berikan solusi yang tepat.
Setelah kejadian itu, atasan gue udah gak pernah nyapa gue dikantor. Boro-boro nyapa duluan, malahan kalo ketemu berpapasan juga dia gak pernah senyum. Mukanya pasti ditekuk kalo ketemu gue, dan yang lebih parah lagi dia gak mau masuk ke ruangan kalo diruangan disitunya ada gue. #etdahhhh kaya anak SD banget sih -____-“. Kayaknya atasan gue tuh kesel banget sama deh. Yang bikin gue sakit hati tuh dia kerjaannya ngejelek-jelekin gue sama temen-temen kantor yang lainnya. Kata temen gue aja dia sampe udah bosen dengerin si bos kalo ngobrol pasti ngomonginnya masalah gue mulu. Udah berasa kaya artis dadakan aja gue dikantor.  Malahan temen gue ada yang nyebut gue “Ayu Tingting” gara-gara gue jadi topic pembicaraan si bos. Ya taukan kejadiannya barengan sama gossip ayu ting-ting di tipi yang ditinggalin suaminya padahal dia lagi hamil. Tega banget tuh suaminya. (Jiahhh malah ngegosip) #gagalfokus.
Karena masalah ini gue sempet berpikiran buat keluar dari kerjaan. Gue cerita sama orangtua dan sahabat2 gue, kata mereka udah sabarin aja dulu nanti juga dia bakalan ngebaikin sendiri. Kalau kamu mutusin buat keluar kerja kamu harus siap buat nerima konsekuensianya katanya. Kamu bakalan ngalamin lagi masa-masa jadi jobless lagi, kecuali kalo kamu keluar kerja dari situ tapi udah ada kerjaan yang lain lagi.
Sumpah mikirin itu semua bikin gue stress aja, mumet dan gak focus sama yang lainnya. Gak focus sama kerjaanlah, sama kuliah, sama kursus juga. Udah gitu kejadiannya pas banget mau menjelang UTS dan test CPNS. Sampe-sampe tugas kuliah gue terbengkalai, UTS gue berantakan, lebih-lebih persiapan buat test CPNS gue hancur padahal gue udah nunggu test CPNS ini dari jauh-jauh hari. Bayangin aja pas malem besoknya mau test CPNS atasan gue sms, dan sms nya itu bikin sakit hati banget deh pokoknya, sampe-sampe gue nangis disitu. 
Lagi focus-fokusnya belajar jadi gak mood lagi. Alhasil hasil test gue ancur banget. (gak nyalahin dia juga sih kalo nilai test cpns gue gagal, mungkin masalah ada di guenya yang kurang persiapan). 
Dari kejadian gue di tegur di depan orang banyak, atasan udah sering sms gue yang gak mengenakan. Awalnya gue diemin aja gak pernah digubris, tapi makin kesini sms nya makin menjadi-jadi. Yah namanya kesabaran manusiakan ada ukurannya dong, gue juga pengen dong ngebela diri. Meskipun gue sebagai bawahan tapi gue juga gak mau di injek-ijek sama atasan, gue juga masih punya harga diri.
Gue tanggapin aja tuh sms-sms dari dia. Cuman makin dilayanin dianya malah makin menjadi-jadi. Dia beraninya juga disms kalo ketemu langsung dia gak berani, buat nyapa aja dia gak mau. Dia bersikap kaya gitu gue juga sama kaya gitu dong, gue juga males buat nyapa duluan. Setelah dipikir-pikir semakin gue layanin smsnya dia, semakin menjadi-jadi tuh orang. Sama aja dong kalo gue layanin dia, gue sama dia gak beda jauh. Dari situ gue udah gak pernah layanin dia lagi, kalo ada sms dari dia udah gak pernah gue bales lagi. Dikantor juga gue cuek aja gak pernah nyapa.
Disitu gue udah gak tahan banget kerja, udah pengen cepet-cepet keluar aja. Galau banget deh pokoknya, kalo keluar kerja belum dapat kerjaan yang baru. Kalo missal dapet kerjaan baru tapi ditempatinnya jauh, kuliah sama kursus gue gimana. Setelah dengerin saran dari temen-temen gue yang udah berpengalaman di dunia kerja, akhirnya gue mutusin buat bertahan aja kerja disitu. Mungkin karena gue baru kali yah terjun ke dunia kerja dan baru pertama kalinya juga dapat masalah kaya gini jadi pikirannya pengen ngehindarin masalah bukannya diselesain.
Setelah lama-kelamaan bos gue ngebaikin gue lagi, yah mungkin dia juga butuh sama gue, dia nyapa gue duluan terus dia ngomongin masalah kuliah gue. Kalo kayak gini terus kan bisa berkepanjangan masalahnya, udah gitu kerjaan juga bakalan terbengkalai. Intinya dia ngebolehin gue buat nyelesain kuliah gue di semester yang sekarang di kelas regular, tapi kalo semester depan masih dikelas karyawan dia akan ngambil tindakan. Katanya kasian ke guenya kalo sampe harus berhenti kuliahnya, saying di uang dan saying di waktu. *emang iya emang begitu dari dulu juga, makanya gue gak mau keluar dari kuliah dan bersikap begitu sama dia juga karena gue sayang diwaktu* :p
Akhirnya masalah gue terselesaikan juga. Setiap manusia pasti pernah punya masalah dalam hidupnya, dan bagaimana cara kita buat menanggapi dari masalah tersebut. Apa mau menghindar atau menyelesaikan masalah itu. So berfikirlah positif dan jangan disertai emosi sebelum kalian bertindak yang akhirnya akan merugikan kalian sendiri.
So,,,,Think again before you action. Think again and be smart




By. Darliah Enung
28 Desember 2013




2 komentar:

  1. Wuih.
    Lagi banyak masalah ya nung.
    Betul itu menyelesaikan masalah harus dipikir dulu.

    Menyelesaikan masalah tanpa masalah. Mari ke pegadaian *loh*. HHAHAHA

    ReplyDelete
  2. iya kmaren2 mumet bgt perasaan, alhmdlh skrg udh adem lg,,,hehe

    jgn kan k pegadaian ke KUA jg hayu *nahlohh #gakfokus #curcol emaap

    ReplyDelete